Inspirasi, Datang Dan Pergi Dengan Cepat



Inspirasi bisa tiba-tiba datang dan pergi begitu saja secepat dia datang. Inspirasi itu bisa datang kadang di saat dan waktu yang tidak terduga. Contohnya saja ketika di lampu merah, ketika main sosial media, ketika mau tidur dan yang paling parah ketika dikamar mandi.. hahahaha.

Inspirasi untuk nulis itu pun kadang datang disaat yang tidak tepat. Kalau insprasi itu tidak segera ditulis wah jangan harap dia akan bertahan lama di pengembaraan otak kita yang penuh dengan memori lain. Otak itu punya berbagai macam memori yang harus di ingat. Bila kita tidak langsung untuk menuliskan inspirasi kita, jangan harap inspirasi itu akan terjaga kemurniaannya. Jangan pernah percaya kepada memori otak untuk mengingat. Karena memori otak punya miliaran ingatan yang harus direkam setiap detiknya.

Ketika inspirasi untuk menulis itu datang, secepatnya ambil buku catatan kecil dan tuangkan ide itu. Selanjutnya tinggal kita untuk menentukan apa yang akan kita jadikan isi dari tulisan itu. Kadang diakui atau tidak kebanyakan orang baik itu saya sendiri terlalu menganggap remeh ketika inspirasi itu datang. Contohnya saja ketika lagi di lampu merah dan tiba-tiba inspirasi datang, dimana kita mau nulis, kan tidak mungkin kita ambil buku catatan lalu nulis, bisa-bisa pas lampu hijau udah menyala bunyi klakson dari pengendara lain bisa memecah kesunyian jalanan ibu kota. Hahahah.. 


So, apa yang harus dilakukan ketika inspirasi kita datang di saat yang tidak tepat dan tidak di duga-duga. Mari kita kembali bertanya kepada diri kita sendiri, apa yang bisa kita lakukan. Kalau saya secara pribadi ketika hal seperti ini terjadi, maka saya akan mencatat itu sebentar di dalam memori saya, kemudian setelah sampai dirumah atau di tempat mana pun yang  memungkinkan saya untuk berhenti maka saya akan mulai mencatat inspirasi itu, baik di buka catatan kecil maupun di notes hape. Tapi sekarang lebih mudah untuk mencatatnya di notes hape, karena kita juga tidak perlu untuk mengeluarkan dua item sekaligus, cukup hanya mengeluarkan hape kita. 

Setelah dicatat langsung deh, disimpan dulu catatannya, trus langsung tancap gas pulang kerumah atau cari tempat nongkrong untuk eksekusi inspirasi tersebut dan langsung eksekusi nulis. Biasanya bila pikiran kita tidak terlalu pergi jauh dari inspirasi ini, maka ide yang muncul dalam kita menulis bisa turun kayak hujan turun dilangit, lancar sekali dan nulisnya pun tidak perlu memerlukan waktu yang lama. Tapi bila kita tidak langsung eksekusi jangan pernah berharap semua akan lancar, bisa jadi malah kita tidak jadi nulis tentang hal tersebut. Mungkin hal ini hanya berlaku untuk penulis amatiran seperti saya yang baru mulai belajar untuk menulis dan baru belajar untuk istiqomah. Akan berbeda hal nya dengan penulis yang sudah master dan expert dalam bidangnya. Contohnya kawan saya saja bisa menulis dalam sehari 2-3 artikel. Saya dalam sehari aja untuk menyelesaikan satu tulisan harus mondar-mandir dulu karena kehilangan ide. Hahahaha.. 

Sebenarnya tulisan ini teguran untuk diri saya sendiri agar tidak pernah lupa untuk mencatat inspirasi-inpirasi kecil yang tiba-tiba muncul. Karena saya tipe orang yang paling suka lupa dan hilang ingatan tiba-tiba ketika mau nulis apa. Saya ingin menulis tentang ini, tiba-tiba ketika didepan laptop saya tidak tau harus mulai dari mana dan langsung saya milih untuk menutup kembali laptop atau yang paling sering saya bakalan milih nonton sederet drama korea dan malaysia yang selalu saya koleksi.


Saya ingin menekankan kepada diri saya sendiri bahwa saya tidak bisa begini terus. Mau jadi apa saya ini, yang sudah bertekad untuk kembali menulis setelah vakum selama 6 tahun lebih. walaupun dulu hanya nulis di buku-buku diari dan buku catatan sekolah ya tapi bisa lah di bilang penulis amatiran, hehehehe..

Menulis itu bisa dimana saja tak perlu waktu yang tepat, yang kita perlu hanya kemauan yang tepat dan seperangkat alat yang tepat. Kan, tidak mungkin kita menulis di lembaran-lembaran daun, bisa dikira berasal dari zaman antah berantah kalau ada orang lain yang lihat.

Istiqomah dalam menulis itu perlu sekali, kalau kita tidak istiqomah dengan aturan yang dari awal kita terapkan, jangan harap kita bisa belajar dan menjadi lebih baik karena inspirasi itu pergi secepat dia datang.
Inspirasi, Datang Dan Pergi Dengan Cepat Inspirasi, Datang Dan Pergi Dengan Cepat Reviewed by Indah Permatasari on Desember 03, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.